Kecerdasan Buatan dalam Game Edukasi

Seiring perkembangan jaman, game atau permainan sering dipandang sebagai hal yang negatif bagi perkembangan anak. Padahal game merupakan suatu cara belajar yang paling efektif dan efisien untuk memberikan informasi kepada anak anak. Game juga dapat membantu anak menyukai sesuatu, melatik koordinasi mata dan tangan, dan juga dapat melatih kesabaran. Ada banyak jenis game yang dapat dimainkan oleh anak sebagai sarana edukasi. Tentu tidak semua game dapat bermanfaat, ada beberapa game yang cocok untuk diambil manfaat pendidikannya. Orang tua harus tetap mendampingi anak yang masih dibawah umur untuk mengawasi.

Didalam pembuatan game edukasi, memerlukan perancangan yang sesuai dengan tujuan dibuatnya game tersebut. Tujuannya adalah bagaimana membuat pengguna menjadi lebih mengerti dan menambah wawasan ketika sedang memainkan atau setelah memainkan game tersebut. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut diperlukan adanya kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) dalam pembuatan game, khususnya game edukasi. Kecerdasan buatan sudah banyak dipakai di berbagai jenis game. Kecerdasan buatan memiliki peran yang penting untuk meningkatkan ketertarikan pengguna dalam bermain game.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, elemen elemen yang ada di dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia. Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pengguna dengan game adalah penggunaan interaksi pemain dengan game menggunakan interaksi seperti yang biasa digunakan untuk berinteraksi dengan manusia. Contoh media interaksi yang digunakan :
·         Penglihatan (vision)
·         Suara (voice)
·         Ucapan (speech)
·         Gerakan badan (gesture)
 





Ada banyak sekali game edukasi yang menggunakan kecerdasan buatan. Ada yang berbentuk game PC, dan ada pula yang berbentuk game jaringan. Salah satu contoh game yang menggunakan kecerdasan buatan yaitu Tic Tac Toe. Game Tic Tac Toe merupakan suatu permainan yang menggunakan papan berukuran n x n, misalnya 3 x 3. Game ini merupakan game yang dapat mengasah kemampuan berpikir, dimana setiap pemain harus menyusun gambar secara vertikal, horizontal, miring kiri, dan miring kanan agar memperoleh nilai. Apabila pemain tidak dapat membentuk formasi gambar yang diinginkan maka permain dinyatakan kalah. Dan apabila pola gambar seimbang maka permainan dinyatakan drow atau seri. Permainan ini mengasah kemampuan berpikir sehingga para pemain harus melakukan tindakan yang baik dan memperhitungkan apa akibat dari tindakan yang dilakukan tersebut.

Sumber : 
  • http://dunotifkejora.blogspot.co.id/2016/04/kecerdasan-buatan-ai-pada-game.html
  • http://kecerdasanbuatan-gaming.blogspot.co.id/p/blog-page.html
  • https://media.neliti.com/media/publications/131372-ID-kecerdasan-buatan-pada-game-edukasi-untu.pdf




Comments