Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar
Manajemen Layanan Sistem Informasi
atau Information Technology Service Management (ITSM) adalah manajemen yang
dibuat untuk mengendalikan hal-hal internal dari bisnis yang mencakup
penggunaan teknologi, data, dan sumber daya manusia yang bertujuan untuk menangani
masalah yang ada di dunia bisnis. ITSM merupakan istilah umum yang digunakan
untuk menggambarkan pendekatan strategi untuk merancang, menghasilkan,
mengelola dan meningkatkan penggunaan teknologi informasi yang digunakan dalam
perusahaan. ITSM mengacu pada semua aspek dalam manajerial bisnis teknologi
informasi termasuk IT Planning, support, pengiriman, keamanan dan
infrastruktur, dan ketentuan lain untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih
baik.
Tujuan dari manajemen layanan sistem
informasi adalah untuk memastikan bahwa proses yang sedang dijalankan benar,
sumber daya manusia dan teknologi berada pada tempatnya sehingga organisasi
dapat memenuhi tujuannya. Manfaat manajemen layanan sistem informasi adalah
untuk membuat inovasi atau terobosan-terobosan dalam dunia bisnis. Inovasi ini
berguna untuk menarik konsumen maupun mempertahankan konsumen yang ada, karena
semakin lama persaingan akan semakin ketat. Manajemen layanan
sistem informasi dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam
langkah kedepannya. Manajemen layanan sistem informasi juga dapat memperoleh
informasi yang ada sangkut pautnya dengan kondisi perusahaan maupun informsasi yang
sedang diperlukan. Selain itu, manajemen layanan sistem informasi juga
berfungsi meningkatkan efisiensi kinerja dari sebuah perusahaan. Dengan meningkatnya
efisiensi kinerja perusahaan, hasil kerja akan lebih efektif dan strategi
keunggulan biaya dapat terlaksana.
Peranan manajemen layanan sistem informasi
bagi lingkungan sekitar adalah sebagai berikut :
1. Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen
layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti
akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis
yang dilakukan sehari-hari.
2. Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem
informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu perusahaan mencapai
sasaran sehingga dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.
3. Perencanaan Strategi Perusahaan dan
Kebijakan
Untuk
mengetahui apa konsumen inginkan serta mengetahui peluang pasar.
4. Meningkatkan Aksebilitas Data
Data
dapat diakses secara cepat, tepat waktu dan akurat bagi pemakainya.
5. Meningkatkan Strategi Suatu Layanan
Secara Global dan Menyeluruh
Mampu
meningkatkan persaingan bisnis secara global serta mampu melakukan pengelolaan
dan pengawasan pasar.
Comments
Post a Comment