Manajemen Layanan Sistem Informasi Bagi Lingkungan Sekitar

Manajemen Layanan Sistem Informasi atau Information Technology Service Management (ITSM) adalah manajemen yang dibuat untuk mengendalikan hal-hal internal dari bisnis yang mencakup penggunaan teknologi, data, dan sumber daya manusia yang bertujuan untuk menangani masalah yang ada di dunia bisnis. ITSM merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan strategi untuk merancang, menghasilkan, mengelola dan meningkatkan penggunaan teknologi informasi yang digunakan dalam perusahaan. ITSM mengacu pada semua aspek dalam manajerial bisnis teknologi informasi termasuk IT Planning, support, pengiriman, keamanan dan infrastruktur, dan ketentuan lain untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Tujuan dari manajemen layanan sistem informasi adalah untuk memastikan bahwa proses yang sedang dijalankan benar, sumber daya manusia dan teknologi berada pada tempatnya sehingga organisasi dapat memenuhi tujuannya. Manfaat manajemen layanan sistem informasi adalah untuk membuat inovasi atau terobosan-terobosan dalam dunia bisnis. Inovasi ini berguna untuk menarik konsumen maupun mempertahankan konsumen yang ada, karena semakin lama persaingan akan semakin ketat. Manajemen layanan sistem informasi dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam langkah kedepannya. Manajemen layanan sistem informasi juga dapat memperoleh informasi yang ada sangkut pautnya dengan kondisi perusahaan maupun informsasi yang sedang diperlukan. Selain itu, manajemen layanan sistem informasi juga berfungsi meningkatkan efisiensi kinerja dari sebuah perusahaan. Dengan meningkatnya efisiensi kinerja perusahaan, hasil kerja akan lebih efektif dan strategi keunggulan biaya dapat terlaksana.

Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi lingkungan sekitar adalah sebagai berikut :
1.      Mendukung Operasional Bisnis. 
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari.
2.      Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu perusahaan mencapai sasaran sehingga dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya.
3.      Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan 
Untuk mengetahui apa konsumen inginkan serta mengetahui peluang pasar.
4.      Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat, tepat waktu dan akurat bagi pemakainya.
5.      Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh 
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global serta mampu melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.


Comments