Pengertian SEO, SEM, SMM dan SMO

1.       SEO (Search Engine Optimization)
   SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari. SEO adalah suatu proses yang digunakan untuk meningkatkan pengunjung sebuah website dengan menempatkan posisi website di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP : Search Engine Result Page) seperti google, bing, yahoo. SEO akan berhasil jika website menggunakan berbagai macam elemen yang disukai oleh mesin pencari. Selain itu SEO perlu dibantu dengan memilih kata kunci yang tepat dan minim pesaing. Ada 3 metode yang berpengaruh pada peringkat posisi website pada mesin pencari yaitu white hat, black hat dan gray hat. Selain itu, didalam keberhasilan SEO ada dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu SEO on-page dan SEO off-page.
SEO on-page merupakan sebuah upaya pengoptimasian website yang dilakukan oleh seorang pemilik website dengan mendisain website yang SEO friendly. Beberapa unsur penting yang terdapat dalam SEO on-page antara lain adalah dengan mengatur URL yang SEO friendly, menambahkan deskripsi yang relevan dengan website, membangun konten yang bermanfaat, membangun website dengan tampilan yang menarik, struktur yang baik dan cepat dalam proses loading dan lain sebagainya. Sedangkan SEO off-page merupakan upaya pengoptimasian website yang dilakikan dari luar website yang sedang dibangun. Optimasi off-page ini dilakukan dengan cara membangun link dari situs lain menuju website yang akan dioptimasi. Beberapa jenis link yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas suatu website antara lain adalah link dari media sosial (seperti Twitter, Facebook, Youtube dan lain lain), link dari forum online (seperti kaskus, forum detik, forum kompas, dan lain lain), link dari web 2.0 properties (seperti blogspot, wordpress,weebly, dan lain lain), dan lain lain.

2.        SEM (Search Engine Marketing)
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing adalah penggunaan iklan online pada halaman hasil pencarian untuk membantu pengunjung menemukan suatu website. SEM bisa disebut juga mirip seperti SEO namun bedanya SEM berupa pemasangan iklan atau mengiklankan website yang kita miliki di Google, Bing atau Yahoo. SEM mempunyai jangkauan lebih luas jika dibandingkan dengan SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh peringkat teratas pada halaman hasil pencarian, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung yang ditargetkan dari mesin pencari melalui iklan dengan bentuk link pada hasil pencarian untuk memperoleh pengunjung yang ditargetkan menuju website.

3.        SMM (Sosial Media Marketing)
SMM merupakan singkatan dari Social Media Marketing adalah sebuah metode untuk memperoleh pengunjung website dengan mengandalkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya. Dapat dikatakan SMM merupakan upaya untuk menaikkan nilai jual sebuah website melalui media sosial baik berbayar maupun gratis. SMM dibagi menjadi dua area yaitu Social Media Optimization (SMO) dan Social Media Advertising (SMA).

4.        SMO (Social Media Optimization)
SMO merupakan singkatan dari Social Media Optimization adalah sebuah metode untuk meningkatkan pengunjung website  melalui aktivitas sosial media. Metode ini tidak bisa dipisahkan dari SMM. SMO bisa disebut sebagai proses mengingkatkan kesadaran para pengguna internet akan produk, merek, atau event melalui media sosial. Tujuan SMO sama dengan SEO yaitu bertujuan untuk menggiring pengguna internet menuju website.








Comments