Pengertian SEO, SEM, SMM dan SMO
1.
SEO (Search Engine Optimization)
SEO merupakan singkatan dari Search Engine
Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari. SEO adalah suatu proses yang
digunakan untuk meningkatkan pengunjung sebuah website dengan menempatkan
posisi website di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP : Search Engine
Result Page) seperti google, bing, yahoo. SEO akan berhasil jika website
menggunakan berbagai macam elemen yang disukai oleh mesin pencari. Selain itu
SEO perlu dibantu dengan memilih kata kunci yang tepat dan minim pesaing. Ada 3
metode yang berpengaruh pada peringkat posisi website pada mesin pencari yaitu
white hat, black hat dan gray hat. Selain itu, didalam keberhasilan SEO ada dua
hal penting yang harus diperhatikan yaitu SEO on-page dan SEO off-page.
SEO on-page merupakan
sebuah upaya pengoptimasian website yang dilakukan oleh seorang pemilik website
dengan mendisain website yang SEO friendly. Beberapa unsur penting yang
terdapat dalam SEO on-page antara lain adalah dengan mengatur URL yang SEO
friendly, menambahkan deskripsi yang relevan dengan website, membangun konten
yang bermanfaat, membangun website dengan tampilan yang menarik, struktur yang
baik dan cepat dalam proses loading dan lain sebagainya. Sedangkan SEO off-page
merupakan upaya pengoptimasian website yang dilakikan dari luar website yang
sedang dibangun. Optimasi off-page ini dilakukan dengan cara membangun link
dari situs lain menuju website yang akan dioptimasi. Beberapa jenis link yang
biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas suatu website antara lain adalah
link dari media sosial (seperti Twitter, Facebook, Youtube dan lain lain), link
dari forum online (seperti kaskus, forum detik, forum kompas, dan lain lain),
link dari web 2.0 properties (seperti blogspot, wordpress,weebly, dan lain
lain), dan lain lain.
2.
SEM (Search Engine Marketing)
SEM merupakan singkatan dari
Search Engine Marketing adalah penggunaan iklan online pada halaman hasil pencarian
untuk membantu pengunjung menemukan suatu website. SEM bisa disebut juga mirip
seperti SEO namun bedanya SEM berupa pemasangan iklan atau mengiklankan website
yang kita miliki di Google, Bing atau Yahoo. SEM mempunyai jangkauan lebih luas
jika dibandingkan dengan SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh peringkat
teratas pada halaman hasil pencarian, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung
yang ditargetkan dari mesin pencari melalui iklan dengan bentuk link pada hasil
pencarian untuk memperoleh pengunjung yang ditargetkan menuju website.
3.
SMM (Sosial Media Marketing)
SMM merupakan singkatan
dari Social Media Marketing adalah sebuah metode untuk memperoleh pengunjung
website dengan mengandalkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan
media sosial lainnya. Dapat dikatakan SMM merupakan upaya untuk menaikkan nilai
jual sebuah website melalui media sosial baik berbayar maupun gratis. SMM
dibagi menjadi dua area yaitu Social Media Optimization (SMO) dan Social Media
Advertising (SMA).
4.
SMO (Social Media Optimization)
SMO merupakan singkatan
dari Social Media Optimization adalah sebuah metode untuk meningkatkan
pengunjung website melalui aktivitas
sosial media. Metode ini tidak bisa dipisahkan dari SMM. SMO bisa disebut
sebagai proses mengingkatkan kesadaran para pengguna internet akan produk,
merek, atau event melalui media sosial. Tujuan SMO sama dengan SEO yaitu
bertujuan untuk menggiring pengguna internet menuju website.
Comments
Post a Comment